Sabtu, 10 Februari 2018

Mengenal Bitcoin

Bitcoin merupakan uang yang berbasis elektronik dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 silam seperti yang pernah dilansir oleh situs id.wikipedia.org.

Nama itu juga dihubungkan dengan piranti lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan memakai jaringan peer-ke-peer tanpa ada penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan bitcoin satu mata uang yang terdesentralisasi.



Tidak seperti mata uang biasanya, bitcoin tidak bergantung dengan meyakini penerbit paling utama.

Bitcoin memakai satu database yang didistribusikan serta menebar ke node-node dari satu jaringan P2P ke jurnal transaksi, serta memakai kriptografi untuk sediakan beberapa fungsi keamanan basic, seperti meyakinkan kalau bitcoin-bitcoin cuma bisa di habiskan oleh orang memilikinya, serta tidak sempat bisa dikerjakan lebih dari 1x.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa ada jati diri (anonymous) serta perpindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin bisa disimpan di computer pribadi dalam satu format file wallet atau di taruh oleh satu servis wallet pihak ke-3, serta lepas dari semuanya Bitcoin - bitcoin bisa dikirim lewat internet pada siapa saja yang memiliki satu alamat Bitcoin.

Topologi peer-to-peer bitcoin serta minimnya administrasi tunggal membuatnya mustahil untuk otoritas, pemerintahan apa pun, untuk merekayasa nilai dari bitcoin - bitcoin atau mengakibatkan inflasi dengan menghasilkan semakin banyak bitcoin.